Tuesday, November 17, 2015

Motivasi KMO-5

ATM DALAM MENULIS?
Dalam dunia kepenulisan banyak banget cara nemuin ide. Ada pebisnis yang terlilit banyak hutang dan riba, maka lahirlah ide menulis buku Bisnis Banpa Riba, ada yang lagi galau bengong nggak jelas, lahirlah buku Jomblo Pensiun (ini sih khayalan saya aja..hehe.. preman pensiun kan udah ada)
Kuncinya adalah....
BUKA HATI, BUKA TELINGA, NUKA PIKIRAN.
Bagi penulis yang buka hati, buka mata, buka pikiran, ide itu KAYA banget. Ia bisa ditemukan dimana saja dan kapan saja.

gimana caranya agar ide muncul?
Salah satu trik menemukan ide adalah dengan ATM. Amati, Tiru, Modifikasi. Ilmu ATM ini adalah cara yang simpel namun powerful.
Sebagai contoh, ada yang bilang bukunya Negeri 5 Menara Fuadi adalah ATM dari Laskar Pelangi. Menarik. Ternyata dari sebuah buku, melahirkan ide brilian lainnya. Ya, tetap syaratnya adalah MODIFIKASI.
Laskar Pelangi dan Negeri 5 Menara mempunyai ciri khas yang berbeda dan masing-masing mempunyai karakter yang kuat.
Namun, ada juga penulis yang bandel. Dia pakai ilmu kotor ATP, Amati, Tiru, Plek. Semuanya di kopas dalam naskah. Ini namanya plagiat. Malu-maluin titel sebagai seorang penulis! Jangan coba-coba ATP ya.
Yang paling penting adalah terus asah kemampuan ngumpulin ide kita. Ini akan berdampak pada kualitas keaslian ide yang kita punyai. Semakin orisinal ide kita, maka semakin kuat karakter buku yang ditulis.
***
Oh iya, in syaa Allah Jumat saya mau launching video book "Smart Writing, Teknik Menulis Buku Dengan Otak Kanan"
Mohon doanya ya semoga launchingnya sukses dan bisa memberikan kemudahan bagi yang serius tuntasin belajar nulisnya dan jadi wasilah bagi siapa saja yang nyari tambahan penghasilan yang lumayan gede. 😊 Aamiin...
Regards,
Tendi Murti
Founder Kelas Menulis Online
#SarapanKata
Post a Comment