Friday, November 20, 2015

Motivasi KMO-6

Penulis Hebat, Tidak Akan Pernah Takut Idenya Dicuri. Penulis Baik, tidak akan pernah Ambil Tulisan Orang Lain Tanpa Memberikan Sumbernya

***

Semalam, pertemuan kedua KMO bahas tentang tema dan ide menulis. Seruu!!
Selepas materi dan diskusi, masuklah ke tugas-tugas. Saya minta tugas itu di upload di Blog masing-masing. Tujuannya supaya memudahkan saya untuk cek satu persatu. Karena kalau di FB, nggak tahu mana yang sudah dibaca mana yang belum.

Ada beberapa peserta yang khawatir idenya ditiru oleh orang lain.
Guys, sebuah tulisan akan selalu berkembang. Sama halnya bahasa, ia bersifat arbiter, terus berkembang. Jadi:

1. Sebagus apapun ide kita, selama nggak dieksekusi, ia hanya akan sebatas menjadi ide.

2. Ide awal yang "dibajak" tetap tidak akan memengaruhi perkembangan tulisan kita, karena setiap pola penulis akan berbeda.

3. Jikapun ide kita ternyata benar-benar ada yang ambil, maka sebenarnya kejadian itu sedang memperkuat imunitas, kredibilitas dan kreatifitas kita sebagai seorang penulis.

4. Ide yang bagus, berada di penulis yang salah, tidak akan pernah bisa berkembang.

5. Ide kita bisa jadi sudah ada pada otak orang lain. Artinya dari sekian ratus juta kepala, ada ribuan kepala yang mempunyai ide sama. Jangan Ge-Er ide kita dicuri. Salah diri kita yang tidak langsung dieksekusi tuh ide.

Sama halnya ide sedekah Ust. Yusuf Mansur dengan ide sedekah Ippho Santosa. Tema yang sama, ide yang sama, MENGHASILKAN OUTPUT yang berbeda.
Sama ketika Ayat-Ayat Cinta ditiru menjadi Dzikir-Dzikir Cinta, Tasbih-Tasbih Cinta, dan Cinta-Cinta lainnya, ia tidak akan memengaruhi keaslian tulisan kang Abik.
Lagian, menurut saya hampir tidak ada ide yang original, karena ide-ide yang kita buat adalah hasil dari khasanah keilmuan yang kita baca dari ide-ide orang lain.
Berbagi dengan orang lain tentang pemikiran-pemikiran kita, ia tidak akan MENGURANGI kredibilitas kita sebagai seirang penulis. Namun sebaliknya, orang lain akan melihat kita bahwa kita memang sedang serius menggarap hal tersebut.
Tetap semangat ya..:)
****
Oh iya, untuk launching Smart Writing saya undur minggu depan. Untuk minggu-minggu ini saya ingin ngasih kabar baik dl ke jamaah KMO:D. Tunggu kabar dari saya ya guys.
#SarapanKata
Post a Comment