Monday, December 11, 2017

Lampung Terkenal Begal? Lampung Punya Banyak Potensi Yai!


Bicara tentang Lampung, apa yang terlintas di benak sahabat semua? Apakah begal yang menyeramkan, atau perkampungan di tengah hutan?

Kira-kira seperti itu jawaban sanak saudara dari sebrang pulau Sumatera jika mendengar kata Lampung. Itu sebabnya kisah klasik roman emak dan ayah dulu menjadi menarik. Si emak sampai-sampai gak direstui berjodoh dengan orang Lampung yang konon terkenal kasar dan terbelakang.

Dan opini itu pun semakin di-aamiinkan dengan maraknya berita begal di Lampung. Tapi jauh dibalik itu semua Lampung punya banyak potensi yang sudah diakui oleh mancanegara,, cailee.

Begal dan hutan hanya notah kecil yang tidak bisa dipertanggungjawabkan identitasnya. Hahay.. noda setitik dibaju yang mengotori.

Rabu, 6 Desember lalu alhamdulillah dikasih kesempatan untuk hadir di acara Workshop Promosi Potensi Daerah Online dan Offline yang Diadakan oleh Dinas Penanaman Modal & Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Provinsi Lampung yang bertempat di hotel Novotel. Salah satu hotel termegah yang ada di Lampung. Acara yang diagendakan pukul 18.00-21.00 itu dihadiri oleh mahasiswa-mahasiswi, penggiat sosial media dan para blogger yang tergabung pada komunitas Tapis Blogger.

Ada pameran kerajinan sanak Lampung, ada batik khas Lampung, ada makanan serta beraneka macam karya anak Lampung yang disajikan di stand bazar promosi.
Sebelum acara berlangsung, para model yang cantik dan menawan pun mempertontonkan pakaian yang dimodifikasi dengan tapis (khas Lampung), indah, menawan dan memiliki nilai jual yang tinggi.



Agar sahabat tahu, Lampung hari ini memiliki banyak potensi yang luar biasa. Dari segala macam bentuk Lampung sudah memilikinya. Jika dulu Lampung hanya terkenal dengan gajah yang ada di Way Kambas maka hari ini Lampung terkenal dengan beraneka ragam. Mulai dari tempat wisata yang unik dan menarik, tempat huntting poto yang seru, wisata kuliner yang lezat dan mmepesona, kerajinan yang inovatif, pemuda yang kreatif, bahkan blogger yang aktif hehe.

Jika Lampung punya tapis, maka Tapis Blogger punya Lampung hehe.

Tidak dipungkiri semua akan terlihat dengan adanya promosi potensi daerah lampung itu sendiri baik online maupun offline. Dan saya pribadi sebagai masyarakat Lampung aseli akan berupaya memperkenalkan Lampung ke mancanegara.

Jika difikir media hari ini sangat amat membantu. Terbukti dengan hitsnya beberapa tempat hanya karena media sosial, dan orang-orang berbondong untuk mendatanginya. Kids zaman now yang mupengan (mau kepinginan) membuat penggiat industri kudu lebih aktif dan peka membaca kebutuhan masyarakat.

Benar yang disampaikan bang Zaky Senafal salah satu pembicara pada acara malam itu. Lampung lagi bergerak, pertumbuhan sosmed menjadi peluang besar untuk mempromosikannya. Bang zaky sendiri seorang pengusaha kuliner yang menggunakan sosmed untuk memperkenalkan bisnisnya. Lihatlah maraknya gojek di lampung, lihatlah selbgram lampung yang ngehits endorse sana-sini, belum lagi para artis yang lagi demen buka usaha di Lampung, mulai dari kuliner hingga fashion, itu semua menunjukkan bahwa Lampung tempat yang berpotensi.

Perbatasan pulau yang menjadi tempat lalu lalang wisatawan melirik untuk berkunjung. Bahkan para penggiat jelajah pun pernah bertemu dengan saya saat di camp menuju Gunung Rajabasa, jauh-jauh dari pulau jawa hanya ingin mencicipi snorkling di pantai Lampung. Menurut data pun Lampung menduduki posisi ke 7 dalam investasi modal.
“Dan Tapis Blogger (kumpulan para blogger Lampung) yang kece dan hits ini selalu dan berupaya memperkenalkan keindahan dan budaya yang ada di Lampung dengan banyak cara diantaranya melalui blog dan tulisannya, dan hingga hari ini Tapis Blogger sudah diakui oleh banyak pihak” ujar mb Naqiyyah Syam, Founder Tapis Blogger yang juga menjadi pembicara pada malam itu.



#LampungYai #LampungGeh beberapa banyak hastag, akun sosial media yang ikut serta dalam mempromosikan daerah Lampung. Karena Lampung kayo rayo dengan Alam, Pantai, Bukit, Pemandangan, Wisata, Pulau, dan beraneka macam lainnya.

So? Siapa bilang Lampung tempat para begal (emot kesal) sinih main-main dulu ke Lampung. Hehe.


Post a Comment