Wednesday, May 16, 2018

Doa Seorang Ibu

Alhamdulillah puji syukur atas banyak nikmat yang Allah berikan kepada kita semua, hingga Allah sampaikan diri yang dhoif (lemah) ini pada bulan yang agung nan mulia, Ramadhan 1439H. Insya Allah penuh keberkahan, keberlimpahan dan pundi-pundi amal sholeh di dalamnya.

***
aku : emak ayo kita teraweh di masjid.. (ajak ku kepada sang emak).
Di lingkungan kami memang tidak ada masjid untuk tempat wanita shalat. Tapi dilingkungan sekitar begitu banyak dan beragam. Ada yang 23 raka'at tanpa ceramah, ada yang 11 raka'at dengan ceramah. Aku sendiri dari tahun ke tahun lebih nyaman shalat di tempat yang 11 raka'at dengan ceramah. Selain ada waktu rehat, juga ada siraman ruhani yang selalu menyejukkan, tidak hanya itu, para imamnya yang hafidzh dan bacaan qur'annya tartil membuat ibadah di masjid ini menjadi terasa nyaman dan nikmat sekaligus muroja'ah.
emak : mau taraweh dimana? di masjid ini saja (yang 23 raka'at).. ajak sang emak
aku : di masjid ini saja mak, lebih enak dan ada ceramahnya
emak : yasudah yuk

Malam pertama Ramadhan penuh kebahagiaan. terasa haru dan nikmat sujudku di samping sang emak. Sungguh aku selalu merindukan masa-masa ini. Maklum rumah kami tidak ada tempat khusus untuk shalat berjama'ah. Kami biasa shalat di kamar masing-masing yang hanya cukup untuk satu orang. Bahkan shalat taraweh biasanya pun kami selalu berbeda masjid. Emak lebih memilih di tempat yang 23 raka'at, selain pulangnya lebih awal juga tempat teman-temanya shalat.

Syukur Alhamdulillah malam pertama Ramadhan aku bisa menggandeng emak shalat bersama. 

Seusai shalatnya emak menengadahkan tangan dan berdoa..
Disusul dengan diri ini yang haru dan berdoa. 

"ya Allah, aku bahagia, masih engkau berikan kesempatan pada diri ini shalat di samping emak. 
ya Allah.. bahkan aku tak tau doa apa yang emak panjatkan saat ini, pasti banyak permintaannya ya Allah.. pasti emak mendoakan ayah, juga kami anak-anknya untuk menjadi anak yang sholeh nan sholehah. ya Allah.. ampuni hambamu yang lalai ini, sungguh bebannya belum mampu aku kurangi kabulkan semua doanya ya Allah, kabulkan hajat dan permintaannya. 
Mudahkan segala urusan kedua orangtuaku, lancarkan rezekinya, berikan keberkahan dan keberlimpahan dalam keluarga kami. Izinkan hamba membahagiakan mereka, berikan hamba kesempatan untuk mengajak mereka semua ke syurgamu.. aamiin"

Doapun segera ku akhiri karena aku mulai merasa emak mulai menatap ke arahku.
Setiap sujud kembali kulantunkan doa-doa terindah. 
ya Allah.. aku sayang mereka, jaga mereka, berikan kebahagian dunia dan akhirat untuknya. Aamiin.


Post a Comment