MENU LEZAT

Minggu, 31 Desember 2023

CATATAN PENTING! JANGAN ABAIKAN 7 TIPS PERAWATAN PADA MOTOR SEBELUM LIBURAN


Baca artikel ini sampai tuntas, barangkali sangat bermanfaat untuk kamu yang ingin liburan menggunakan sepeda motor.

Mungkin teman-teman adalah salah satu dari banyaknya masyarakat yang memanfaatkan animo masa liburan untuk berjalan-jalan, berwisata, berkunjung ke sanak saudara, dan tempat-tempat lainnya dengan travelling menggunakan sepeda motor kesayangan. Karena Momen liburan adalah momen yang selalu dinantikan. Sama halnya dengan aku dan suami, untuk kami yang kemana-mana masih berdua maka memilih travelling menggunakan sepeda motor sangatlah menyenangkan.

Bila kamu sudah memiliki rencana untuk liburan menggunakan sepeda motor, pastikan kamu mengetahui tips perawatan motor sebelum liburan. Catatan Penting! Jangan Abaikan 7 Tips Perawatan Pada Motor Sebelum Liburan yang direkomendasikan oleh Planet Ban.

Planet Ban sebagai salah satu retail Servis Motor dan Pusat Ban Motor ternama di Indonesia ingin berbagi rahasia mengenai tips merawat motor agar setiap komponen-komponen penting pada sepeda motor tetap terjaga.

7 Tips Perawatan Pada Motor Sebelum Liburan


1. Cek Kondisi Ban Motor



Hal pertama yang harus diperhatikan adalah ban motor. Ban motor menjadi komponen vital yang perlu pemeriksaan secara menyeluruh demi menjaga keamanan dan kenyamanan saat perjalanan jauh. Kamu bisa mengecek tampilan luar dari ban motor, apakah ada keretakan, sobekan, alur yang menipis, maupun tekstur ban bergelombang.

Apabila ban baru diganti, sebelum melakukan perjalanan kamu perlu memastikan tekanan udara dalam kondisi normal pada ban.

Jika terlihat tanda-tanda ban perlu diganti, sebaiknya segera mengganti dengan ban baru. Pergantian ban baru bisa dilakukan di Planet Ban terdekat. Planet Ban menyediakan berbagai merek, dan ukuran ban motor yang bisa disesuaikan dengan sepeda motor milik kita semua.

Planet Ban sudah memiliki cabang di seluruh kota di Indonesia, jadi tidak perlu khawatir karena kita bisa mencari Planet Ban di lokasi terdekat dengan rumah kita.

2. Cek Kondisi Rem


Hal selanjutnya yang perlu dan sangat penting untuk diperhatikan adalah rem. Karena rem menjadi komponen penting dalam menjaga keamanan dalam perjalanan, setelah ban. Komponen pengereman perlu kamu cek, agar saat perjalanan kondisi rem dalam kondisi yang baik. Jika kondisi rem sudah terlalu dalam saat tuas ditekan atau diinjak, maka kamu perlu mengganti kampas rem.

Tanda keausan pada rem bisa diperiksa secara manual menggunakan indikator penunjuk yang terdapat di setiap dinding tromol. Jika dinding tromol sudah sejajar dengan tanda batas yang ada, maka bagian kampas tromol (brake shoe) perlu segera diganti. Pada rem cakram, kamu bisa melihat ketebalan dari kampas maupun piringan rem, supaya mengurangi risiko yang tidak diinginkan selama perjalanan.

3. Cek Kondisi Oli Mesin


Tips merawat motor sebelum liburan lainnya adalah penggantian oli mesin motor. Oli mesin perlu diganti oli baru sebelum melakukan perjalanan jauh. Pastikan oli yang dipakai bisa digunakan untuk jarak yang panjang. Kamu juga perlu mengecek kandungan yang terdapat di dalam oli.

Seperti kandungan ester. Ester pada oli merupakan kandungan yang mampu menjaga tingkat kepanasan mesin motor dengan baik. Kandungan ester pada oli mesin dapat menjaga suhu mesin tetap stabil. Oli dengan kandungan ester sangat cocok digunakan untuk perjalanan jauh.

Jika kamu ngin mendapatkan oli dengan kandungan ester dengan harga terjangkau, kamu bisa menggunakan Oli eksklusif dari Planet Ban, yaitu oli X-Ten. Oli X-Ten memiliki kandungan ester yang dapat menjaga kondisi mesin motor secara stabil meski dalam torsi tinggi dan bisa digunakan hingga perjalanan 5000 kilometer.


Planet Ban merupakan salah satu tempat langganan aku dan suami saat mengganti oli mesin. Tidak perlu waktu lama, saat datang kami langsung dilayani dengan sigap dan hanya sekitar 15 menit pengerjaanpun selesai dilakukan.

Salah satu keunggulan ganti oli di Planet Ban, selain harganya terjangkau, servicenya memuaskan, montirnya pun sangat sigap sekali.

4. Periksa Aki Motor


Perawatan selanjutnya yang perlu dilakukan adalah pengecekan aki motor. Aki motor merupakan komponen penting untuk menjaga daya listrik sepeda motor. Saat akan melakukan perjalanan jauh, sangat perlu dilakukan pengecekan aki motor.

Pastikan aki tidak dalam kondisi bocor, karat, dan rusak. Jika kamu menggunakan aki basah, cek kondisi air aki sebelum melakukan perjalanan. Dengan melakukan pengecekan aki secara berkala, kamu bisa mengetahui kondisi aki apakah kondisi baik atau perlu diganti.

Jika untuk urusan aki biasanya pak suami rajin mengeceknya terlebih dahulu, karena sangat berpengaruh ke mesin dan komponen lainnya. Jika memang diperlukan menggantinya maka diganti.

5. Cek Sistem Pendingin


Bagian sistem pendingin menjadi bagian yang sering terlewat untuk dilakukan pemeriksaan. Letak komponen yang tidak terlihat mata secara langsung, membuat komponen sistem pendingin jarang terpantau.

Sistem pendingin yang bermasalah akan membuat panas tidak mampu di redam dengan baik, yang bisa menyebabkan terjadinya overheat pada mesin. Sebelum melakukan perjalanan liburan, pastikan kamu telah memeriksa kondisi air pendingin (coolant) dalam indikator yang cukup. Serta mampu menjaga temperatur mesin tetap optimal.

Mengecek system pendingin ini suka diabaikan karena terlihat sepele, akan tetapi ini adalah salah satu hal penting yang seharusnya tetap dilakukan.


6. Periksa Busi


Komponen yang perlu dilakukan pemeriksaan dan tidak boleh dilupakan saat akan liburan adalah memeriksa busi. Apabila busi motor terlihat kotor, kamu perlu membersihkannya. Namun jika busi sudah terlihat haus, kamu perlu mengganti busi dengan yang baru.

Kondisi busi yang tidak optimal akan membuat sistem perapian tidak bekerja secara sempurna. Sehingga mengganggu proses pengapian pada sepeda motor.

Untuk kita para wanita yang tidak cukup mengerti akan hal ini, bisa juga langsung membawa kendaraan sepeda motor kita ke Planet Ban untuk minta dibantu di cek segala halnya pada kendaraan sepeda motor kesayangan kita.

7. Cek CVT dan Rantai


Untuk hal penting lainnya yakni perlunya dilakukan pemeriksaan lebih lanjut saat akan melakukan perawatan motor sebelum liburan adalah melakukan pengecekan pada komponen CVT untuk motor matic dan rantai pada sepeda motor jenis moped/bebek dan sport. Sistem penggerak ini memiliki fungsi dalam melakukan transfer tenaga pada sepeda motor ke roda.

Jika kondisi penggerak pada CVT atau rantai motor tidak berfungsi dengan sempurna akan menghambat kinerja tenaga yang dihasilkan oleh mesin. Oleh karena itu, sebelum melakukan perjalanan liburan sebaiknya kamu melakukan servis komponen CVT maupun rantai sepeda motor, untuk menjaga performa optimal selama perjalanan Anda.

7 Tips Perawatan Pada Motor Sebelum Liburan yang direkomendasikan oleh Planet Ban ini menjadi pengingat bagi kita sebelum melakukan perjalanan. Tentu Kondisi sepeda motor dengan performa yang optimal, bisa membuat perjalanan kita tanpa hambatan.

Dengan demikian kita bisa tenang berjalan jauh kemanapun tujuan yang kita tuju dan tidak perlu khawatir dengan kendaraan yang kita gunakan.

Jika kamu ingin melakukan pemeriksaan dan penggantian komponen spare part sepeda motor, kamu juga bisa konsultasi terlebih dahulu, konsultasi di Planet Ban via online bisa dilakukan secara gratis. Atau kamu juga bisa langsung WA dengan Klink Konsultasi WA Planet Ban.


Sekian artikel 7 Tips Perawatan Pada Motor Sebelum Liburan yang direkomendasikan oleh Planet Ban ini ditulis, semoga informasi ini sangat bermanfaat dan membantu kamu sebelum berangkat liburan. Selamat menikmati liburan dengan penuh kebahagiaan.

9 komentar:

  1. Wah.. terima kasih infonya, mbak. Liburan ini asyiknya emang jalan-jalan pakai kendaraan bermotor.. Dan, biasanya aku suka bingung mo cek motor di mana. Eh, ternyata di Planet Ban bisa cek motor, servis dan beli spart part juga.. solusi terbaik nih buat aku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget nih Mbak planet ban saat ini bisa menjadi solusi terbaik untuk perawatan kendaraan motor kita.
      terlebih kita para wanita yang tidak terlalu mengerti tentang mesin, mencari tempat perawatan motor yang terpercaya itu sangat penting.

      Hapus
  2. Ternyata banyak banget komponen yang harus diperhatikan ya dalam perawatan motor ini. Kalau nggak mau ribet tinggal ke planet ban aja bisa langsung mereka cek kita tinggal duduk diem menerima hasil hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget dan buat kita para wanita yang memang tidak mengerti tentang mesin menyerahkan perawatan ke planet ban untuk saat ini sih bisa menjadi solusi banget yah, tinggal duduk urusan jadi beres

      Hapus
  3. Wah komponen perawatan motor banyak banget ya, apalagi kalau yang harus rutin seperti ganti oli. Di Planet Ban semua bisa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di planet ban menjadi tempat favorit untuk ganti oli dan sparepart lainnya sih..
      harganya juga terjangkau lokasinya strategi pengerjaannya juga cepat, pokoknya untuk pelayanan oke deh..

      Hapus
  4. Planet Ban emang spesial banget di hati karena udah bantuin merawat motor, pernah mogok karena lupa ganti oli, kapok deh,mending langsung rutin perawatan motor deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang tidak perlu pusing dan repot lagi kalau mau ganti oli bisa langsung ke planet ban karena di sana harganya terjangkau tempatnya juga strategis pelayanannya juga oke bangetSekarang tidak perlu pusing dan repot lagi kalau mau ganti oli bisa langsung ke planet ban karena di sana harganya terjangkau tempatnya juga strategis pelayanannya juga oke banget

      Hapus
  5. Aku sering nih service motor ke planet ban, soalnya deket rumah dan pelayanannya bagus, mereka mau menjelaskan apa yang aku ga ngerti, selain punya varian ban yang banyak dan lengkap

    BalasHapus