Tuesday, May 07, 2013

Jangan Samakan Kita Dengan Yang Lain



Setiap manusia itu memang hakikatnya sama. Sama-sama punya akal fikiran, punya anggota tubuh yang baik, punya kehidupan, dan lain sebagainya. Nah, dibalik kesamaan itu so pasti ada juga dong perbedaannya. kalau sama semua wahh kagak seru dong hidupnya, datarrr ajja. Nah mangkanya itu Allah ciptakan manusia dengan beragam-ragam. dari bentuk tubuh, walaupun sama pasti ada perbedaannya, dari cara pandang (berfikir), dari cita-cita, dari menjalani hidupnya, dari hal apapun itu pasti bayak banget perbedaannya. Karna ALLAH itu maha kuasa, maha luar biasa, diciptakannya kita dengan bersama-sama, dari sumber yang sama yang bertujuan untuk yang sama. Yaaa, walau terkadang manusianya ajja yang gak mau bersyukur, dan menolak takdiir itu sendiri, merasa lebih baik, lebih hebat, hingga lupa bahwa diatas langiit itu masih ada langit lagi.


Soobb, terkadang kita-kita yang merasa hebat itu menganggap orang lain lemah, padahal belom tentu orang yang kita anggap lemah itu beneran lemah, bisa jadi mereka yang lebih hebat dari kita. Karna apa, karna kita  selalu mengangap diri ini bisa lebih baik dari mereka, sehingga rasa sombong itu sudah melekat di dalam diri. Merasa lebiih hebat sii boleh-boleh ajja, tapi bukan berarti kita punya hak untuk menganggap orng lain lemah.


Exp: disaat kita bisa melakukan sesuatu hal yang sangat berharga, kita merasa  sangat senang,  bangga, dan bahagia tentunya. Dan pada saat itu kita mengajak seorang teman untuk melakukan hal yang sama. Dan ternyata teman kita itu tidak mampu. Wah, langsung deeh kita menudingnya lemah, baik secara langsung maupun tidak langsung. Nah, hal itu yang tidak baik. belom tentu soob, karna barang jadi memang hal itu bukan bakat/bidangnya sehingga dia tidak bisa melakukannya. Bagaimana jika kita yang di tanding untuk melakukan sesuatu hal yang bukan kita bakati, soo pasti suliit bukan, dan pada saat itu kita langsung dituding lemah, gak mau dong. Nah mereka juga begiituu. Mangkanya jangan pernah menganggap  kita itu sama dengan yang lain. Semua orang itu punya cara tersendiri untuk menyelesaikan suatu hal, punya kiat-kiat tersendiri.


Ketika kita bisa melakukan sesuatu hal yang baik maka jangan pernah  merasa bahwa kita hebat. Dan ketika teman kita tidak mampu melakukannya maka jangan mudah mengatakan ia lemah. Jangan pernah menyamai kemampuan seseorang. Dan jangan pernah begiitu mudah meremehkan seseorang. Intropeksi diri, tetap belajar, dan temukan hal-hal yang baik namun tidak membuat kita merasa selalu baik.

Post a Comment