Wednesday, July 31, 2013

Ba’da perJusa..

Assalamu’alaikum..

Apakabar sobat cemuut, sory ya baru sempet share tulisannya.
Hem.. ini lanjutan agenda kemarin.
Jadi tekad aye dah bulat tuhh buat hadir dalam agenda PerJusa (perkemahan jum’at-sabtu). Alhamdulillah mamake juga dah plong buat ngizinin, nah pagi itu aye dianter sama ayah sampe Wira Garden.
Janjian jam 08.00 dah di tempat, karna tugas rumah dah kelar jadi aye bisa berangkat pagi, tapi telat ½ jam, coz tunggu ayah lama bangeet.
Sampai di tempat,, jeng,, jeng,, blum ada orang, aye sms yang lain masih pada di jalan, wah tumben dehh aye yg ontime, semanggat bangeet.
Ayah sempet nunggu sii, ndak lama pulang truss datang deh mb nov dan sohib aye. Selang-selang ngobrol dikit dateng ikhwannya. Wah itu kakak yang ketuanya, agak maluu.. biasa lah aye law depan ikhwan emang begitu kurang pedee abiis, kirain tadi akhwat semua mb..

Selesai di tempat, ada breafing sebentar, ngasih arahan gitu buat outbond. Tapi baru kami ber4 jadinya. Trus disusul 2 ikwan. Dan akhwat yang lain nyusul katanya.
Truss kami buat instalasi outbond, agaak bingung sii aye, maklum baru tayang pertama jadi ndak tau apa-apa, hanya mengerjakan apa yang menurut aye bisa dikerjakan. Plus bantu-bantu adek-adek buat tenda.. woow.. seru-seru anak-anaknya, gokill, agak mulai bersahabt deh.. aku seneng bangeet sama yang namanya bunga,, unyu-unyu, masih manja, maklum baru kelas 7. Gokill lagi pas aye dan kelompoknya sedang berusaha buat diriin tenda kelompoknya eh dia malah sibuk ngomong kalau gak bawa bantal, guling, selimut tebal, sama ngurusin dapurr. Wah pokoke gokill bangett. Aye and sohib bantuuin diriin tenda. Mb nov lagi istrahat coz dia lagi shaum. Terus agak siangan dia jemput mb maret sambil cari makanan, coz kami lapeer bangeet.

Ba’da shalat  outbond di mulai, hehe ane bagian pegang instalasi spider wap. Jujur hal yang sama dengan sebelumnya ketika aye berada di hadapan orang-orang yang baru dikenal yaitu malu, grogi, bingung mau ngomong apa, kurang pedee, plus takut salah.  Hem tau gak sob sampe-sampe kelompok pertama cepet banget selesainya di tempat ane, coz bingung mau ngapain lagi,, agak garinng sii nunggu sendiri, Cuma di instalasi aye yang gak ada kegiatan, sampe-sampe tukang poto (hehe,, kk pembina SMPIT) nanyain, ya aye bingung dan malu jadi aye jawab aja. Hoho..
Setelah dua, tiga dstnya kelompok yang berdatangan membuat rasa percaya diri ane bangkit coz, adek-adek yang mengajak besahabt dan membuat nyaman. Sampe outbond selesai ya eh ternyata banyak adek-adek yang nagntri dan mau nyicipn spider wapnya.. hoho.. kata aye ngapa kagak dari tadi aja ya, hem sampe- sampe selesai karna dan masuk waktu ashar jadi ada beber4apa kelompok gak kebagian mainin semua outbond.

Selesai shalat kami makan, terus trackking sore. Nah lagi-lagi aye harus kebingungan, jadi ya berjalan aja ngikutin yang lain, agak takut sii di lihat orang bingungnya teruus gak bisa apa-apanya. Bahkan tempat trackking ini pun baru pertama kali aye lewatin. Wah gak lama itu untung aja ane jalan  bersamaan mb dian, biasa anak journey. Jadi pedenya agak bangkit dan rasa gugupny pun mulai sedikit hilang karna kami isi perjalanan dengan ngegombal, curcol dan tanya jawab. Oh ya pas dijalan ketemu buah berwarna orange, karna penasaran itu buah apa jadi aye petik deh terus aye simpen sampe pulang kerumah, katanya sii tadi rencananya mau di bedah, penelitian gituu tapi ndak sempet, dan sekarang aye lupa simpannya dimana.
Next- berjalan terus, trackkingnya cukup jauh.. oh ya sobb ada trgedi pas nyebrang sungai, ada adek akhwat yang terpeleset, teruus hampir saja nganyut, untungnya aja ada mb pembina SMPIT yang cekatan dan menangkapnya. Wah aye posisinya saat itu paling belakang dan belum berani buat berpindah tempat, apalgi di belakang ane bagian kakak-kakak yang ikhwan, wah jujur ane tambah ndak bisa berkutik.. sambil dijalan aye selalu meluruskan niat agar tak sia-sia langkah kaki ini hingga pada akhiirrnya tenaga aye berguna juga buat mopong adek akhwatnya coz dia lemes banget ndak bisa jalan..
Akhirnya kami (aye, mb.dian, 3 pembimbing akhwat dri SMPIT) manjadi paling belakang dan tertinggal. Dan aye baru sadar pas nengok kebelakang ada ikhwan satu yang tertinggal.
Hingga lagi-lagi kami kesulitan ketika baru berjalan melewati sungai untuk meneyebrang dan posisi memopong adek akhwat tadi, hingga dengan segala kemampuan pun berhasil sampai tempat, walau terakhiran pas mau nyebrang sungai terakhir dkat tenda itu para ikhwannya yang menangkat menggunakan tandu karna arus yang deras, dan posisi maghrib yang  udah lewat teruus sungai yang agak dalem. Akhirny aye dan mb dian pun harus berjalan lebih jauh lagi untuk menghindari arus yang deras dan gelap, kami di suruh pak satpam lewat di tempat yang lain.

Setelah sampai kami bersih-bersih pakaian, shalat maghrib rada telat, dilanjutkan shalat isya dan rehat. Sedangkan adek-adek sedang mempersiapkan buat malam apresiasi.
Rehat malam ini kami di temani dengan mb dian, mb meitri, aye dan sobat aye.. kami share tentang itu..shuutt.. “ta’arufan”. Hoho.. pembahasan yang menarik menurutku.. tentang proses ta’aruf yang beda, ya.. menurutku beda bangeet dari yang biasa terdengar. Hingga penasaran dan banyak tanya-tanya, namun sayang obrolan kami terhenti ketika ada mb-mb yang lain berdatangan. Jadi kami hentikan plus istirahat memejamkan mata.

Sekitaran pikul 02.00 kami semua panitia bangun lalu breafing dan menempatkan posisi pos masing-masing buat jjm (jalan-jalan malam). Aye dan sohib aye kebagian di pos bayangan, hehe.. tugasnya mudah hanya penunjuk arah dan mengucapkan salam, tapi tempatnya.. hemm.. gelap gulita, hanya ditemani satu kuda dan lapangan yang luas, tapi waktu itu kami manfaatkan untuk saling curcol sambil dengerin mp3 dan di temani snack yang sudah disiapkan. Obrolan yang seru dan menarik, berakhir pukul 04.30 lalu kami kembali ketenda.

Paginya agenda dari guru-guru SMPIT jadi ada kesempatan buat kami istirahat. Hehe aye ma sohib aye memanfaatkan waktunya buat jalan-jalan menelusuri tempat wisata ini, nyambi poto-poto truus aye sempet keluar beli cemilan. Karna waktunya masih lama jadi kami maen-maen dulu memanfaatkan fasilitas yang ada ditemani dengan obrolan-obrolan menarik. Pokoke mantapks.

Dan agenda terakhit yaitu hacking, luar biasa seruu, mantapks, hem,, tapi ada tragedi sedikit, ada ade akhwat yang terpeleset kejurang dua orang, karna posisi urgent jadi kakak ikhwan yang harus menggotong dan menyadarkan, sedangkan kami memopong adek-adek yang sakit dan lemas hingga menuju puncak. Pokoke ini pengalaman yang luar biasa yang ane rasakan, gak bakalan kapok, yang ada mau lagi, karna aye paling suka dengan tantangan.

Ending cerita kami pulang sekitaran pukul 18.00, maghriban di jalan plus mampir kewarung bakso pak doyok yang deket rumah mb bel.hem,, pengalaman yang seruu perut laper tapi heppeng pada kering, dicari-cari uang aye dan sohib aye hingga terkumpul makanan 2 porsi. Uang kami digabungin plus buat ongkos pulang, sama ada lebih dikit buat masukin kotak infaq dan beli pisok satu di bagi dua. Hingga azan isya pun kami berada di angkot. Kami turun di tempat yang sama namun sohib aye mau naek ojek menuju rumahnya jadi kami cari-cari ojek dului. Sempet kesulitan, hingga akhirnya karna waktu sudah malam kami akhirkan dan kami berpisah dengan berjabat tangan dan salam. Hati-hati dijalan, sampai berjumpa.

Subhanallah, ya Rabb hamba bersyukur atas nikmat ini yang masih sempat hamba rasakan. Ampuni dosa-dosa kami ya ALLAH. Aamiin...

Wa’alaikumsalam..

Post a Comment