Friday, November 20, 2015

Materi Ke-2

[20:19 17/11/2015]
KMO Coach Tendi Murti: 
Oke, perintahnya kan MINIMAL 3 halaman ya.

Saya hanya ingin memperlihatkan kepada teman2 semua bahwa perintah yg saya buat sebenarnya hanya untuk mengetes aja seberapa besar keseriusan teman2 dalam menjalankan tugas. Ini nih:

1. Kurang dari 3 halaman->> orang yang mengurangi nilai. Artinya dibawah standar. Kl dalam dunia kerja, orang kayak gini udah langsung dikeluarin.


2. Pas 3 halaman->>> orang standar. Kebanyakan orang bisa melakukan ini. Cukup memenuhi apa yang diperintahkan, selesai. Orangbyang memenuhi nilai ini orang standar. Artinya BANYAAKKK. Namun, jika ada orang yg ketiga, maka orang2 yang memenuhi standar ini akan terjungkal.

3. Lebih dari 3->>> Orang yang melebihi nilai. Orang2 ini yang langka. Ia selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik dalam hal apapun. Serius dalam pencapaian dan sebagainya.


[20:22 17/11/2015]
KMO Coach Tendi Murti:

Malam ini kita bakal ngebahas tentang tema
Ada yang tahu tema itu apa?
Disini saya yakin udah ada yang nulis buku juga

Jadi, dalam dunia kepenulisan tema itu menjadi penting karena bagian dari ruh sebuah buku
Tema buku Yusuf mansur dan mas ippho apa?
Lalu tema Negeri 5 menara nya ahmad fuadi apa kira2?
[20:24 17/11/2015]
‪+62 857-1960-9414‬: 
Yusuf masur : sedekah
Ippo : tentang keajaiban rezeki
5 menara : kesungguhan menggapai Mimpi

[20:25 17/11/2015]
KMO Coach Tendi Murti: 
Jadi tema dalam sebuah buku itu penting
Uniknya kl dalam buku non fiksi seperti bukuny mas ippho, yusuf mansur ia harus ada diawal

Tapi untuk buku2 fiksi, ia bisa diawal ditengah, atau bahkan tema baru ditemukan setelah naskah jadi
Kenapa? Karena bagi buku2 fiksi seperti novel, ia butuh imajinasi lebih.. sehingga kl dibatasi p
oleh tema, ia akan mengganggu imajinasi si penulisnya

Biasanya seperti itu
Ngomong2 sudah pada tahu kan perbedaan fiksi dan nonfiksi?
[20:28 17/11/2015]
‪+852 5218 1442‬:
Non fiksi kayak karya ilmiah gitu Dan bener2 kisah nyata
Klw fiksi, imagination

[20:28 17/11/2015] ‪
+62 856-9776-2544‬: 
Fiksi = karangan, imajinatif, khayalan, tidak nyata
Non fiksi = berdasarkan kenyataan, ilmiah
Itu yg saya tahu

[20:28 17/11/2015] ‪
+62 856-5988-2345‬: 
Fiksi : hayalan / imajinatif
Non fiksi : Nyata

[20:28 17/11/2015]
KMO Coach Tendi Murti:
Hmmm... fiksi memang berdasarkan khayalan.. tapi tidak mengenyampingkan riset

Contoh... novelnya Laskar Pelangi, Belitongnya ada, tambang dan lain2nya...
Memang konsep utamanya adalah berdasarkan imajinasi... tapi tidak mengenyampingkan riset
Tapi boleh ga dengan imajinasi 100%? Boleh2 aja...
Misalnya Narnia, herry potter
Tapi tetap ada risetnya
Lalu bagaimana dengan nonfiksi?
Kebalikan dari fiksi, nonfiksi harus berdasarkan fakta dan dapat dibuktikan
Lalu boleh nggak dalam nonfiksi ada tambahan ceritanya? Artinya ada sedikit dibumbui fiksi? Boleh

Asalkan fiksi disitu hanya memperkuat materi dan nggak merubah esensi dati tulisan...
Buku mas ippho nonfiksi.. tapi didalamnya ada cerita
Ceritab-cerita motivasi dll.
Bukunya laskar pelangi fiksi, tapi didalamnya ada fakta2 pendukung cerita supaya cerita tersebut dianggap wajar dan nggak berlebihan
Mulai kebayang ya?
Pertanyaannya adalah:
Bagaimana cara menemukan tema?
Gampang2 sulit sebenernya untuk menemukan tema...
Tema bisa dikembangkan dari hal2 yang nampak sepele
Tema atau ide cerita bisa diambil dari kehidupan kita...
1. Kehidupan kita
2.Kehidupan orang lain
3. Dari benda mati bahkan bisa.

Contohnya JK Rowling
Pertama kali JK Rowling menemukan ide nulis harry potter ketika ia dalam perjalanan dari Manchester menuju London (cmiiw). Dalam perjalanannya dia berimajinasi ada sebuah peron yang bisa masuk je dunia sihir

Sesimpel itu...
Dannn
Dari ide kcil itu menjelma sebuah novel mega best seller yang diterjemahkan ke berbagai bahasa

See, sebuah ide kecil dan sederhana asalkan seDikit diolah, maka ia akan menjadi sebuah tulisan yang menarik.
Lalu bagaimana teknik2 untuk menemukan ide? Banyak cara.
1. Kehidupan kita,
2. Kehidupan orang lain 
3. atm
4. Mengawinkan ide

Semuanya udah faham lah ya?
Atm, amati tiru modifikasi
Caranya seperti apa untuk ATM? (Tadi pagi saya bahas sebagai sarapan kata)

Simpel, cari dua buah buku.. yang satu best seller yang satu nggak best seller.. dua buku ini dalam satu tema ya
Setelah kedua buku diambil, selanjutnya cari kelebihan buku best seller, cari kekurangannya.. dan kekurangan buku best seller itulah yang harus menjadi kelebihan dari buku yng kita akan kita garap
Lalu fungsi buku yang ga best seller buat ap?
Pelajari supaya kita nggak terperosok pada kelemahan yang sama di buku tersebut.

Kita masuk ke mengawinkan tema
Kita masuk ke mengawinkan tema ya

Maksudnya bagaimana mengawinkan tema?
Coba perhatikan cerita ini:

Tiba2 dentang jam berbunyi tepat 12 kali.
Perempuan tersebut berlari melepaskan sang pangeran yang tengah asyik berdansa dengannya..
Dalam pelariannya menuju keluar dari istana, ia terpeleset ditangga dan terjatuh.
Dan nggak sadarkan diri
Lama ia tak sadarkan diri sampai akhirnya ada seorang bijak berkata "ia hanya bisa dibangunkan ketika dicium oleh seorang pangeran.

Cerita apa kira2?
Bingung kan?
Boleh nggak seperti itu?
Nah.. begitulah mengawinkan ide

Tau film avenger? Itu salah satu mengawinkan ide juga
Oke, itu fiksi, bagaimana dgn buku non fiksi?
Prinsipnya sama aja

Bukunya mas Ippho dikawinkan dgn bukunya Aa gym bisa..
Atau bukunya tung dw dan bong juga bisa...
Jadi sebenernya menemukan ide itu simpel2 aja kl kita tahu tekniknya...

Tahun depan Batman VS Superman, itu juga mengawinkan ide
[20:39 17/11/2015] ‪
+62 838-7470-4269‬: 
Cinderella,  sleeping beauty,  dan snow white.

[20:45 17/11/2015]
KMO Coach Tendi Murti: 
Oh iya, saya perlu ngasih tau, untuk pertemuan kita ini bakal fokus di Non fiksi dulu ya

[20:45 17/11/2015] 
+62 857-9080-0883‬:
Beda ide sama tema apa mas Tendi?

[20:48 17/11/2015] 
+62 896-2900-8338‬:
Lebih luas tema daripada ide..

[20:49 17/11/2015] 
+852 5218 1442‬:
Ide ada dibenak penulis atau Dr orang lain. Tema itu bahan yg akan dijadikan tulisan πŸ™Š

[20:50 17/11/2015] 
+62 838-7123-2531‬:
dlm penulisan fiksi, Udah  nemu tema penulisan, udh nemu konflik juga. Nah kdg pas ditengah2 ngstuck idenya,coach. Alhasil alur cerita agak ngaco. Sebaiknya gmn yah, coach?

[20:51 17/11/2015]
KMO Coach Tendi Murti:
ide menginspirasi tema?<--- bisa jadi

[20:51 17/11/2015] 
+62 857-8999-3316‬:
Ide itu pikiran penulis, dan tema adalah bahasan yg akan d fokuskan penulis, jd luat ide dr pada tema
Coba berpendapat, maaf klau slahπŸ™πŸ»

[20:51 17/11/2015]
KMO Coach Tendi Murti:
Ide lebih ke teknis. Tema pembatasan bahasan.

dlm penulisan fiksi , Udah  nemu tema penulisan, udh nemu konflik juga. Nah kdg pas ditengah2 ngstuck idenya,coach. Alhasil alur cerita agak ngaco. Sebaiknya gmn yah, coach? <--- coba nikon gunung alur, konflik2 apa saja yang ada pada setiap bab.
[20:52 17/11/2015] 
+62 857-9080-0883‬:
ide menginspirasi tema?<--- bisa jadi ----> yg pertama kali muncul berarti ide? Bukan tema?

[20:52 17/11/2015]
KMO Coach Tendi Murti:
Baca tulisan yg se tema

[20:53 17/11/2015]
KMO Coach Tendi Murti:
ide menginspirasi tema?<--- bisa jadi ----> yg pertama kali muncul berarti ide? Bukan tema?<--- untuk fiksi yesss.. tapi untuk non fiksi tema harus diawal.
Dalam fiksi, ada yang namanya konflik... coba mulai dari premis.

Premis ini akan sangat membantu cerita.
[20:57 17/11/2015] 
+62 857-5592-6085‬: 
Kyak gni insyaallah mas andre. Qt kan pernah ya wkt sekolah disuruh analisis ide pokok suatu paragraf. Nah. Ide itu sifatnya lebih meruncing. Kalau tema itu, adalah inti dari semua paragraf itu. Misal, temanya back to nature. Ide pokok paragraf 1, kurangi polusi dngan kendarai sepeda pancal. Paragraf 2, hemat energi. Insyaallah kalau ga salah seperti itu. Bisa disohihkan ke coach Tendi mas.

[21:08 17/11/2015] 
+62 896-9299-1672‬:
premis itu penarik kesimpulan

[21:08 17/11/2015]
KMO Coach Tendi Murti: 
Premis penting banget buat di fiksi

Oke masuk tugas ya.
Oke, coba yang belum tahu mind mapping cari tahu ya
Tugas:
1. Cari ide
2. Uraikan lewat mind mapping
3. Susun menjadi outline

Pokoknya mind mapping
Mau digambar, pake software dll
Terserah

Kumpulin sabtu malam pukul 21.00
[21:21 17/11/2015] 
‪+62 896-9299-1672‬: 
1. Semua cendekiawan adalah manusia pemikir.
2. Semua ahli filsafat adalah cendekiawan.
3. Semua ahli filsafat adalah manusia pemikir.
bgian ketiga iru premis kya gini kah?

Tugas, di blog
Kasih linknya ke PJ ya

Penulis hebat nggak pernah takut idenya dicolong.. dan penulis yang baik, nggak bakal kopas2 ide orang lain.
Terkahir sebelum bogan, hidup selalu dalam kekhawatiran, nggak bakal tenang..😊 bersyukur saja jika ide kita dipakai orang lain.. beberapa ide saya sudah dikopas oleh beberapa penulis lain.. dan itu bikin kreatifitas kita lebih kuat... penulis yg selalu kopas2 tulisan orang lain, DIJAMIN NGGAK BAKAL JADI APA2. Klaua kita khaeayir, jangan2 kita sendiri sering melakukan itu.. coba kita introspeksi diri kita.
Post a Comment