Saturday, November 28, 2015

Motivasi KMO-8

[7:34 24/11/2015]
KMO Coach Tendi Murti: KESALAHAN YANG SERING DIULANG
Ahad kemarin saya ngisi workshop Kepenulisan di salah satu pondok pesantren modern di Tangerang.
Seperti biasa, setiap workshop harus praktik dan dibacakan didepan peserta lainnya. Tujuannya supaya peserta yang lain belajar dari kesalahan temannya.
Hasilnya seperti ini:
Saya sangat senang sekali pagi ini. Saya buka jendela dan saya melihat kicauan burung yang sedang mencari makan.
Setelah itu saya masuk ke kamar mandi untuk mandi. Setelah mandi saya kemudian ambil tas dan pergi menuju pesantren. Iya, hari libur telah selesai, saya harus kembali mondok. Kehidupan di pondok sangat menyenangkan.

***
Kira-kira apa saja yang salah dalam kalimat tersebut? Secara EYD sebenarnya nggak masalah (cmiiw). Hanya saja kalimat tersebut nggak efektif.
1. Banyak mengulang kata "saya".
2. Masuk ke kamar mandi ya untuk mandi. Kalaupun nggak, ya untuk rutinitas tiap pagi #tebakAja hehe... (kalimat ini kurang efektif).
Sebenarnya paragraf pertama secara esensi sudah oke. Dalam kaidah penulisan fiksi si penulis sudah berhasil "menunjukan" lokasi tersebut ada dimana tanpa harus mengatakan tempat itu apa. Tapi kalimatnya banyak yang nggak efektif.
Coba kalau kita revisi menjadi seperti ini:
Pagi yang menyenangkan. Ku buka jendela dan seketika disambut oleh cericit burung yang sedang mencari makan.
Tak sabar untuk aktivitas pagi ini, aku mandi dan bersiap menuju pesantren. Iya, hari libur telah selesai dan aku harus kembali ke kehidupan pondok yang sangat menyenangkan.
Nah, coba yang lain mungkin ada kalimat yang lebih efektif?:)
***
Oh iya, Jumat pagi tgl 27 November in syaa Allah saya mau launching videbook Smart Writing. Ditunggu ya.
Untuk yang mau jadi FREE Affiliate, silahkan daftar di bit.ly/FreeAffiliateKMO. Pilih FREE untuk kategori produknya. (Rabu malam jam 20.00 kategori free saya non aktifkan).
Setelah itu, silahkan konfirmasi ke saya untuk digabungkan di grup Super Affiliate KMO melalui Whatsapp 0859 5959 4085. Saya mau buat 1 grup affiliate lagi. Terbatas hanya 50 orang.
Untuk info produk dan strategi cara dapatkan jutaan rupiah dalam beberapa hari akan saya dan tim jelaskan di grup Super Affiliate KMO.
Sekali lagi, hari Rabu malam pukul 20.00, FREE Affiliate akan saya non aktifkan. Jadi siapa cepat dia dapat.
Regards,
Tendi Murti
Founder KMO
[8:03 27/11/2015]
KMO Coach Tendi Murti:
NGGAK JADI LAUNCHING!
Seminggu kemarin sebenarnya web ini mau saya launchingkan. Tapi, sebagaimana yang sudah saya bilang minggu lalu, saya ingin semuanya dapat manfaat. Jamaah KMO dapat manfaat, Anda juga dapat manfaat. Jadi, nggak dilaunchingkan minggu kemarin, tapi baru hari ini.
Hehehe... udah kaget aja ya judulnya dikira nggak jadi launching lagi. Tenang guys, jadi kok. Silahkan lanjut bacanya ya...
sebenarnya banyak orang yang lebih hebat dari saya dalam hal teknik tulis menulis. Tapi ijinkan saya untuk berkontribusi dalam kehidupan Anda ya...:)
Guys, saya sepakat bahwa hidup nggak boleh lempeng-lempeng saja. Jangan seperti batu yang ada di jalan, dilewatin gitu aja tanpa ada orang yang peduli bahwa kita sedang hidup di muka bumi ini.
Maka kita harus berbuat sesuatu untuk hidup kita bukan? Ya, kecuali kalau Anda mau seperti batu tadi, dicuekin sama banyak orang. Atau malah orang risih kalau ada kita? Ngueri banget ya kalau sampai gitu.
karena nggak mau dicuekin, Maka, dimanapun dan kapanpun, kita harus berkarya. Caranya gimana? Salah satunya dengan nerbitin buku.
- Kalau kata ASMA NADIA, menulislah MINIMAL SATU BUKU sebelum Anda mati.
- Kalau kata IPPHO SANTOSA, KATA-KATA MENGUAP TULISAN MENGENDAP. Artinya tulisan lebih panjang umur dari usia kita sendiri.
- Kalau kata AHMAD FUADI, peluru hanya MENEMBUS SATU KEPALA, tapi buku mampu MENEMBUS RIBUAN KEPALA. Artinya satu kali bisa memengaruhi banyak orang.
- Kalau kata Pramoedya Ananta Toer, Orang boleh pandai setinggi langit, tapi SELAMA IA TIDAK MENULIS, ia akan HILANG di dalam masyarakat dan dari sejarah. MENULIS ADALAH BEKERJA UNTUK KEABADIAN.
Saya tidak ingin mengatakan MENULIS ADALAH SEBUAH KEHARUSAN. :D Tapi orang-orang besar diatas mengatakan demikian.
Dari kata-kata mereka diatas makjleb banget di hati saya. Walhasil, alhamdulillah sampai sekarang sudah lebih dari belasan buku yang diterbitkan di PENERBIT MAYOR.
Sebagai ladang akhirat, saya membuat sebuah VIDEO TUTORIAL untuk membantu dalam membuat buku Anda. Bentuknya videobook. Jadi Anda bisa lihat di Laptop atau di android.
Nggak hanya sekadar beli Videobook, tapi Anda akan menjadi bagian dari keluarga besar KMO. Artinya dengan membeli Videobook, Anda langsung saya dan tim bimbing menyelesaikan naskah yang igin diterbitkan (nanti diumumkan via whatsapp. Jadi pastikan nomor HP yang sudah di instal whatsappnya). ----> daftar: bit.ly/videobookSmartWriting
Ketika Anda membaca tulisan ini saya nggak tahu apakah Anda sudah menerbitkan buku atau belum. Tapi INGAT PERKATAAN SAYA INI ini guys.
- Menulislah untuk ORANG-ORANG YANG ANDA CINTAI. Bisa untuk orang tua atau anak Anda.
- Menulislah AGAR DUNIA TAHU bahwa Anda pernah hidup di dunia ini.
- Menulislah untuk SEBUAH KEBAIKAN bagi kita dan orang di sekitar kita.
- Menulislah, karena tulisan kita bukan hanya akan menjadi PASSIVE INCOME saja, tapi juga PASSIVE PAHALA.
- Menulislah, minimal untuk MENGATAKAN KEPADA ORANG TUA KITA bahwa "bapak dan ibu tidak sia-sia sudah melahirkan dan membesarkan saya di muka bumi ini".
Terakhir saya doakan agar buku Anda bisa segera terbit dan Allah ngasih kemudahan bagi kita untuk karya-karya selanjutnya.
Untuk lihat penawaran saya, silahkan klik: www.KelasMenulisOnline.com
Atau: bit.ly/videobookSmartWriting
Jangan daftar sekarang kalau nggak mau dapetin BONUS-BONUS yang banyak di bit.ly/videbookSmartWriting ^_^
Happy Friday Guys
Post a Comment