Assalamu'alaykum wr wb sahabat semua..

Assalamu'alaykum wr wb sahabat semua..

Rika Damayanti Sampaikan Materi Tentang Dasar-Dasar Etika Konseling Pada Pelatihan Konselor Ketahanan Keluarga.

 

Salimah Lampung Bersama Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Lampung Helat Pelatihan Konselor Ketahanan Keluarga 3 November 2021 sampai dengan 5 November 2021.

Ada 5 Pembicara yang akan memandu dan memberikan materi selama 3 hari ke depan. Yakni ;

1. Narasumber dari Pusat (KPPA RI) Fikhi selaku Asdep Partisipasi Masyarakat dengan tema Pembangunan Kualitas Keluarga.

2. Narasumber dari Pusat (KPPA RI) Maya Septiana, S.Kom. MM selaku Analis Kebijakan Asdep Partisipasi Keluarga dengan tema Pendidikan Konseling Keluarga Terkait Peningkatan Kualitas Keluarga untuk Mewujudkan Kesetaraan Gender dan Perlindungan Anak.

3. Narasumber Daerah (SALIMAH Lampung) Dr. Rika Damayanti, S.Kp.M.Kep.,Ns.Sp.Kep Jiwa dengan tema Dasar-Dasar dan Etika Konseling.

4. Narasumber Daerah (SALIMAH Lampung) Wulan Irodariah Rahman, S.Psi dengan tema Konseling Krisis

5. Narasumber Daerah (SALIMAH Lampung) Dr. Ani Aguspuspawati, M.AP dengan tema Tekhnik Konseling dan Komunikasi Efektif dalam Konseling.

Hari Pertama Rabu, 3 November 2021 Materi pertama disampaikan olah Dr. Rika Damayanti, S.Kp.M.Kep.,Ns.Sp.Kep Jiwa dengan tema Dasar-Dasar dan Etika Konseling.

Rika Damayanti adalah Alumnus S1 Fakultas Ilmu Keperawatan UI Salemba Jakarta, S2 Fakultas Ilmu Keperawatan UI Depok, Spesialis Keperawatan Jiwa Fakultas Ilmu Keperawatan UI Depok, S3 Pendidikan Masyarakat Konsentrasi Pemberdayaan Masyarakat Bidang Kesehatan Jiwa UPI Bandung. Juga seorang pendidik atau Dosen UIN Raden Intan Lampung. 

Baca Juga : Salimah Lampung Bersama Dinas PPPA Helat Pelatihan Konselor Ketahanan Keluarga

Dalam materi pembuka Rika menanyakan mengapa diperlukannya konselor keluarga? Jawabannya karena Masalah terjadi sepanjang periode kehidupan manusia sejak bayi hingga lanjut usia. Karena pada hakikatnya Seberapa jauh seseorang menghindar, masalah tersebut tetap akan mengikutinya. Realitasnya, ada orang yang bisa menghadapi permasalannya sendiri namun ada pula yang tidak mampu menyelesaikan sendiri.

Karena Beberapa orang memerlukan bantuan untuk mengurai dan menyelesaikan masalahnya.

Beberapa orang ingin berkeluh kesah namun tidak tahu tempat yang tepat. Akibatnya, masalahnya tidak selesai, justru semakin berkembang luas.

Rika Damayanti yang juga menjadi Dosen di UIN Raden Intan Lampung itu juga memberikan gambaran umum tentang Konseling sendiri adalah bantuan yang diberikan oleh seorang pembimbing (konselor) kepada seorang konseli atau sekelompok konseli/ klien untuk: Mengatasi problemnya, dengan maksud agar klien atau sekelompok klien tersebut mengerti lebih jelas tentang problemnya sendiri dan Mampu menemukan jalan keluar dari problem sesuai dengan kemampuannya .

Sedangkan Tujuan konseling itu sendiri yakni Pengembangan keterampilan untuk belajar seumur hidup dengan membantu klien untuk belajar bagaimana mengatasi situasi sulit yang dihadapi di sepanjang hidupnya, Membantu klien untuk berani menghadapi tantangan dan kenyataan yang harus dihadapi. 

Dan dalam melakukan konseling ada langkah-langkah yang harus dilalui. Langkah dalam konseling sendiri dibagi menjadi 3 bagian. Pertama Tahap Awal : membangun relasi, kedua Tahap Menengah/ inti, ketiga Tahap Akhir /Penutup.

Pada hakikatnya pelatihan konselor hari ini minimal sangat berguna untuk diri sendiri, keluarga dan orang-orang disekitar yang membutuhkan bantuan dalm permasalahan yang sedang dihadapi. 

Peserta begitu antusias dan mengikuti hingga akhir.

Baca Juga ; Sarapan Nikmat dengan Sedop Nasi Kuning dan Tumpeng

Tidak ada komentar: