Assalamu'alaykum wr wb sahabat semua..

Assalamu'alaykum wr wb sahabat semua..

Sabtu, 29 Oktober 2022

HARI BLOGGER NASIONAL, JAWARA INTERNET SEHAT LAMPUNG HELAT WORKSHOP HOAX BUSTING DAN LITERACY PRIVACY

Jawara Internet Sehat 2022 Provinsi Lampung (ICT Watch) sukses menghelat event Workshop Literasi Digital dengan tema Hoax Busting dan Literacy Privacy Melalui Blog. Bertepatan pada Hari Blogger Nasional, Kamis 27 Oktober 2022 di AULA ITBA DCC Bandar Lampung yang berlokasi di Jalan Cut Nyak Dien No 65 Durian Payung, Palapa, Bandar lampung.

Seperti yang kita ketahui awal mula pencetusan Hari Blogger Nasional sendiri terjadi pada era Menteri Komunikasi dan Informatika Prof Dr Mohammad Nuh, DEA, di tahun 2007.
Sebelumnya Hari Blogger Nasional dikenal dengan nama Pesta Blogger, acara yang ditujukan untuk mewadahi para Blogger. Namun pada 2007, Mohammad Nuh mencanangkan 27 Oktober sebagai Hari Blogger Nasional. Tujuannya untuk menginspirasi para Blogger agar tetap tekun menyalurkan kreativitas melalui tulisan lewat blog. (sumber detik.com ; "Sejarah Hari Blogger Nasional, Kamu Masih Main Blog Nggak?").

Walau hujan datang di pagi hari membasahi seluruh kota Bandar Lampung, tidak menyurutkan langkah kaki para peserta untuk tetap hadir mengikuti Workshop Literasi Digital yang di helat oleh Jawara Internet Sehat Lampung atas program kerja dari ICT Watch dan Whatsapp yang bekerjasama dengan Kementrian KOMINFO.
Puluhan peserta hadir dengan antusias, begitu juga dengan aku yang sudah meluruskan niat untuk kembali membuka wawasan dan menggali ilmu tentang Literasi Digital dan Blog dari para narasumber yang sudah expert dibidangnya. Peserta yang hadir beraneka ragam, mulai dari ibu rumah tangga, pelaku UMKM, Blogger dan content creator, juga para mahasiswa DCC itu sendiri.

Kegiatan Workshop Literasi Digital dengan tema Hoaks Busting dan Literacy Privacy ini bisa sukses atas kerjasama dengan ITBA DCC, RTIK Bandar Lampung, Tapis Blogger dan Dinas Kominfotik Provinsi Lampung.
Acara dibuka dengan sambutan dari Wakil Direktur 1 Bidang Akademik Bu Akni Widiyastuti dan Tenaga Ahli DISKOMINFOTIK Provinsi Lampung Bapak M Attan Saputra. Bu Akni Widiyastuti dan Bapak M Attan Saputra sangat mendukung dan mengapresiasi program kegiatan Workshop Literasi Digital ini yang sangat baik untuk terus dilakukan, dikarenakan semakin pesatnya internet dan informasi melalui media sosial hari ini tidak menutup kemungkinan banyak terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, itu sebabnya begitu penting diadakannya Workshop Literasi Digital untuk mengedukasi masyarakat dan pengguna sosial media untuk tetap berhati-hati dalam menjaga data diri dan privasi. Dimana penyebaran hoaks sudah sangat masif sehingga tidak bisa membedakan lagi dimana ada berita hoaks dan berita bukan hoaks.
Setelah sambutan dari Bu Akni Widiyastuti dan Bapak M Attan Saputra, acara dilanjutkan dengan pemaparan materi. Untuk materi dibagi menjadi 2 sesi. Sesi pertama disampaikan oleh Pak Aliy Hafiz, Jawara Internet Sehat Lampung 2022. Dan sesi kedua disampaikan oleh Naqiyyah Syam Founder Tapis Blogger, dan dipandu oleh seorang moderator dari RTIK Bandar Lampung yaitu Mbk Helmita.

Hoax Busting dan Literacy Privacy

Pak Aliy Hafiz seorang Dosen Bisnis Digital juga Ketua Relawan TIK Bandar Lampung dan Jawara Internet Sehat Lampung 2022 memberikan materi tentang Hoax Busting dan Literacy Privacy. Diawal beliau menanyakan kepada peserta apa hoax itu sendiri? Dan beberapa peserta mencoba untuk menjawab dan memberikan pandangan tentang hoax. Pak Aliy Hafiz menginformasikan bahwa kata hoax itu sendiri menjadi ngetrend dikalangan dunia setelah rillisnya film yang berjudul “the hoax” yakni film drama Amerika yang dibintangi oleh Richard Gere.

Sedangkan kata Thomas Ady kata hoax sendiri didefinisikan sebagai tipuan berasal dari Thomas ady dalam bukunya candle in the dark (tahun 1656) atau risalah sifat sihir dan penyihir.
Jadi hoaks yang dibaca hoks adalah sebuah tipuan dan kebohongan yang menyamar sebagai kebenaran.

Pak Aliy Hafiz juga memaparkan hoaks per kategori dari periode Agustus 2018 sampai 30 Juni 2022 sudah mencapai total 10.202 kasus. Yang terdiri dari ;
  • Kesehatan : 2.136
  • Pemerintahan : 1.920
  • Penipuan : 1.337
  • Politik : 1.296
  • Internasional : 572
  • Kejahatan : 559
  • Fitnah : 457
  • Bencana alam : 432
  • Agama : 334
  • Mitos : 219
  • Pendidikan : 62
  • Perdagangan : 60
  • Dan lain-lain : 818
Pak Aliy Hafiz juga menganjurkan para peserta dan kita semua yang hadir untuk selalu memverifikasi sosial media yang kita miliki, dengan berhati-hati dengan akun palsu, menggunakan data palsu, dan jangan mudah percaya dan ikut menyebarkan hoaks itu sendiri.

Terakhir Pak Aliy Hafidz menginformasikan terkait aduan konten hoaks yang bisa dilaporkan di situs aduankonten.id.

Kiat Sukses Menjadi Blogger Professional

Pada materi kedua kali ini disampaikan oleh mbk Naqiyyah Syam seorang Penulis, Blogger dan Trainer. Beliau adalah Founder dari Tapis Blogger juga Humas BPP FLP dan IP Lampung. Karyanya sudah tidak diragukan lagi. Beliau sudah menerbitkan 38 buku antalogi, buku duet dan solo serta beberapa tulisannya telah dimuat diberbagai media seperti Kompas, Femina, Majalah Gadis, Majalah Ummi, Lampung Post dan masih banyak lainnya.

Mbk Naqiyyah Syam adalah salah satu sosok panutan dan motivatorku di dunia blogger. Berawal dari keikutsertaanku dalam kegiatan Tapis Blogger hingga sekarang ketika aku menjadi anggota Tapis Blogger itu sendiri. Aku telah banyak belajar dari dirinya tentang dunia blogger. Beliau sosok ibu yang baik juga bersahabat, tidak enggan berbagi ilmu tentang dunia literasi, blogger bahkan tentang konten kreator. Setiap kali berjumpa dengannya, selalu ada ilmu baru yang aku dapatkan dan bisa diriku aplikasikan di dunia blogger dan konten kreator, aku bersyukur telah diperkenalkan dengan sosok inspirasi seperti beliau.

Pada kesempatan workshop kali ini beliau memberikan Kiat Sukses Menjadi Seorang Blogger Professional. Beliau juga memberikan tips dan trik untuk tetap asyik ngeblog apapun kondisinya.
Berawal dari cara membuat blog yang bisa dilakukan di laptop maupun dari handphone.
Beliau juga memberikan tips untuk mendapatkan ide menulis di blog, diantaranya :
  • Berdasarkan Pengalaman Pribadi
  • Melihat Album Foto
  • Jalan-Jalan ke Toko Buku
  • Diskusi dengan Teman
  • Mengecek Popular Post Blog Orang Lain
  • Melihat Berita Yang Lagi Hits
  • Dari Meresensi Buku, Dll
Betapa banyak ide yang bisa didapatkan saat kita ingin memulai ngeblog, kunci utamanya ialah tekad yang kuat dan konsistensi, sehingga bisa menepis berbagai alasan. Karena untuk mendapatkan ide begitu banyak cara, sehingga dikembalikan lagi ke diri masing-masing untuk membulatkan tekad.

Mbk Naqiyyah Syam juga menganjurkan untuk memilih Niche Blog dari hobi masing-masing, bisa tentang parenting misalnya untuk ibu rumah tangga dan seorang moms, bisa juga tentang kuliner, traveling, lifestyle, kesehatan dan lain-lain berdasarkan minat pribdi, agar memudahkan untuk lancarnya ide menulis di blog itu sendiri.

Menjadi seorang Blogger juga nyatanya bisa menghasilkan uang, ketika Blogger sudah dijadikan profesi maka begitu mudah sekali mendapatkan cuan-can dari blog yang kita buat sendiri. Dengan catatan blog kita baiknya sudah berdomain, selalu dirawat dan di isi tulisan-tulisannya, bisa juga debgan merapihkan etalase media sosial yang menjadi branding, dan perkuat personal branding diri. Dengan demikian pekerjaan dalam job bisa didapatkan dari sponsor, job review, peluncuran produk, menyelenggarakan giveaway, kampanye elaktabilitas tokoh, banner ads, adsense, blogtour, dan lain-lain.

Mbk Naqiyyah Syam juga memberikan tutorial dan tips dalam ngeblog, mulai dari mempersiapkan akun gmail, daftar di blogger, pemilihan nama blog dengan yang mudah diingat hingga mengenalkan fitur-fitur yang ada di blogspot mulai dari (templete, header, widgets, layout, earning, statistic), dan lain sebagainya.
Acara yang berlangsung rasanya begitu cepat dan sangat singkat dilakukan karena hanya setengah hari. Rasanya ingin terus belajar dan memperbaiki blogku agar bisa manjadi seorang blogger yang profesioanal.

Pak Aliy Hafiz juga menginformaksikan bahwa Jawara Internet Sehat Lampung 2022 juga akan mengadakan pelatihan membuat blog dari 0 dan juga tersedia kelas Blogger. Di sesi akhir beliau juga menginformasikan terkait acara yang berlangsung diadakan lomba menulis artikel blog dimana peserta akan mendapatkan hadiah yang menarik berupa uang tunai dan voucer kursus dari Program ICT Watch Jawara Internet Sehat Lampung 2022.

Dan setelah setengah harian acara berlangsung di tutup dengan foto bersama dan makan siang. Peserta pun meninggalkan tempat acara dan dengan semangat masing-masing yang ada di dalam dada, begitu juga dengan semangat aku yang ingin cepat-cepat pulang merapihan blog yang ternyata terdapat data privasi yang di publish yang harus segera ku hapus setelah mendengarkan materi dari Pak Aliy Hfiz tadi. Sekian ceritaku kali ini, semoga bermanfaat dan semangat menulis.

Note : Seluruh Dokumentasi dari Galeri Pribadi dan Grup WA Peserta Workshop  HOAX BUSTING DAN LITERACY PRIVACY

2 komentar:

Mansyurhebat mengatakan...

Good work

Desliyani Natalia mengatakan...

Terimakasih kakak sudah mampir dan meninggalkan jejak di blogku