Assalamu'alaykum wr wb sahabat semua..

Assalamu'alaykum wr wb sahabat semua..

Sabtu, 28 Oktober 2023

2 GELAR AKADEMIK GANJAR PRANOWO, TERNYATA LATAR PENDIDIKAN YANG SEJALAN

Akhir-akhir ini perbincangan nama Ganjar Pranowo sangatlah ramai. Sebabnya, Ganjar Pranowo telah mendaftarkan diri menjadi salah satu dari Tiga sosok calon Presiden di tahun 2024 mendatang. Ganjar Pranowo yang ternyata memiliki latar belakang pendidikan yang sejalan dengan dunia politik yang kini dijalaninya. Ada 2 gelar akademik Ganjar Pranowo yang perlu diketahui oleh masyarakat luas.

Ganjar Pranowo dilahirkan dari keluarga sederhana di sebuah desa di lereng Gunung Lawu. Pria kelahiran Karang Anyar, Jawa Tengah, 28 Oktober 1968 ini adalah anak Kelima dari Enam bersaudara dari pasangan Parmuji Pramudi Wiryo dan Suparmi.

Ganjar menghabiskan masa Sekolah Dasar di Karanganyar, Jawa Tengah dan menghabiskan masa kecilnya di sana. Saat memulai jenjang SMP, Ganjar dan keluarganya pindah ke Kutoarjo karena ayahnya mendapatkan tugas di salah satu kota di kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.
Di Kutoarjo, Ganjar bersekolah di SMP Negeri 1 yang sekarang dikenal sebagai SMP Negeri 3 Purworejo.

Setelah menyelesaikan SMP, ia melanjutkan ke SMA Bopkri 1 Yogyakarta dan cukup aktif di kegiatan kepramukaan.

2 Gelar Akademik Ganjar Pranowo


1. Sarjana Hukum (SH) UGM

Usai meninggalkan seragam putih abu-abunya, Ganjar meneruskan pendidikannya di Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada (UGM).


Universitas Gadjah Mada (UGM) adalah perguruan tinggi negeri di Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia.
Universitas Gadjah Mada merupakan perguruan tinggi pertama yang didirikan oleh Pemerintah Indonesia setelah Indonesia merdeka.
UGM berkedudukan di bagian selatan Kabupaten Sleman, terletak di sebuah kawasan yang dikenal dengan nama Bulaksumur, yang secara administratif membentang dari Sinduadi, Mlati hingga Caturtunggal Depok.

Berdasarkan sumber dari website UGM. Universitas Gadjah Mada (UGM) masuk dalam jajaran 50 perguruan tinggi terbaik dunia yang memberikan kontribusi dalam pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs) 1, 7, dan 9.

Di kampus UGM yang sangat bergengsi ini, Ganjar Pranowo bergabung dengan Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI), serta kegiatan pecinta alam di mana ia pernah melatih untuk SMA Negeri 8 Yogyakarta dan SMA Negeri 1 Sewon, Bantul. Selama kuliah di UGM, Ganjar mengaku sempat cuti kuliah selama dua semester akibat tidak memiliki biaya untuk perkuliahan.

Ganjar Pranowo juga pernah mengaku memiliki hobi demonstrasi semasa kuliahnya. Ia pernah mendemo rektor UGM kala itu (periode 1986-1990) Koesnadi Hardjasoemantri dan ikut serta dalam demonstrasi menolak penggusuran untuk proyek Waduk Kedungombo.

Kendati demikian Ganjar Pranowo berhasil menyelesaikan kuliah S1 dan lulus dengan gelar Sarjana Hukum, S.H.

2. Magister Ilmu Politik (M.I.P) UI

Setelah menyelesaikan study S1 Hukum di UGM, Ganjar juga berhasil meraih gelar S2 (magister) dalam bidang Ilmu Politik dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Indonesia.


Universitas Indonesia disingkat sebagai UI, adalah perguruan tinggi di Indonesia. Kampus utamanya terletak di bagian Utara dari Depok, Jawa Barat tepat di perbatasan antara Depok dan wilayah Jakarta Selatan, sementara kampus utama lainnya terdapat di Salemba, Jakarta Pusat.

UI merupakan institusi pendidikan tinggi tertua di Indonesia. Beberapa perguruan tinggi negeri terkemuka di Indonesia seperti Institut Teknologi Bandung, Institut Pertanian Bogor, Universitas Airlangga, Universitas Hasanuddin, dan Universitas Negeri Jakarta pada awalnya merupakan bagian dari UI hingga kemudian memisahkan diri menjadi institusi tersendiri.

UI juga merupakan salah satu dari tiga perguruan tinggi terbaik di Indonesia bersama dengan Universitas Gadjah Mada dan Institut Teknologi Bandung.
UI adalah salah satu universitas riset atau institusi akademik terkemuka di dunia yang terus mengejar pencapaian tertinggi dalam hal penemuan, pengembangan dan difusi pengetahuan secara regional dan global. Dengan prestasi yang terus diraihnya UI berada di peringkat kampus terbaik di Indonesia berdasarkan penilaian Lembaga pemeringkatan dunia.

Ganjar Pranowo sendiri dinyatakan lulus pada tahun 2013 di kampus UI setelah menjalani ujian tesis yang mengupas isu independensi dalam pembahasan revisi UU Nomor 22 Tahun 2007 tentang Penyelenggara Pemilu.

Pasca kelulusannya di program magister di bidang Ilmu Politik dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, hal ini yang membuat gelar M.l.P tersemat pada nama belakangnya.

Kesimpulannya adalah ada 2 Gelar Akademik Ganjar Pranowo, yang ternyata latar pendidikannya ini sejalan dengan dunia politik yang sedang ia jalani. yang pertama Ganjar Pranowo menimba ilmu Hukum di Fakultas Hukum Universitas Gajah Mada dan berhasil lulus dengan gelar Sarjana Hukum atau S.H. Kemudian pada tahun 2009 melanjutkan untuk program magister jurusan Ilmu Politik di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia dan lulus di tahun 2013 dengan gelar M.I.P. Itulah 2 gelar akademik H. Ganjar Pranowo, S.H., M.I.P.

Semoga tulisan ini membantu para pembaca untuk mengenal lebih dekat dengan H. Ganjar Pranowo, S.H., M.I.P.

Tidak ada komentar: