Assalamu'alaykum wr wb sahabat semua..

Assalamu'alaykum wr wb sahabat semua..

Jumat, 22 September 2023

Mengenal Sosok Ade Utami Ibnu, Pria Sederhana dan Religius


Ade Utami Ibnu, pria yang dilahirkan di Serang, 19 Desember, 48 tahun yang lalu itu adalah salah satu politisi Lampung yang cukup popularitas. Sebabnya, sudah dua periode beliau diamanahi menduduki kursi DPRD Provinsi Lampung Fraksi PKS. Sosok Ade Utami Ibnu yang tetap menjadi seorang pria yang sederhana dan religius di tengah kesibukannya menjadi seorang anggota dewan.

Mengenal namanya sudah tidak asing sekali, berinteraksi lewat media sosial dan pesan daring pernah beberapa kali, melihat sosoknya pun pernah berkali-kali disuatu kegiatan yang berkaitan dengan literasi dan keagamaan. Namun Aku pribadi berinteraksi dengannya secara langsung baru dua kali pertemuan.


Sosoknya yang mencuri perhatian dengan kesederhanaan dan merakyat. Wajar saja jika banyak emak-emak yang merasa dekat dengannya melalui program pemberdayaan ekonomi berbasis koperasi Kuntum Bunga yang di garapnya sejak tahun 2019 itu.

Namun tidak hanya kalangan emak-emak, penggiat literasi bahkan anak-anak pun banyak yang beliau rangkul, dengan program Mobil Baca Ade contohnya, yang dikelilingi di setiap akhir pekan dengan jadwal ke kampung-kampung adalah Ade Utami Ibnu satu-satunya anggota dewan yang memiliki mobil baca dan konsen akan pentingnya literasi. Beliau juga yang membantu menggoalkan PERDA budaya literasi di Provinsi Lampung.

Selain terkenal dengan sosok yang sederhana dan merakyat, Ade Utami Ibnu juga terkenal sebagai sosok yang religius. Sebabnya pendidikan sejak dini berbasis pesantren dan lingkungan agama yang kental sudah beliau rasakan sejak kecil. Beliau juga turut aktif di berbagai kegiatan keagaaman. Aktif menjadi pengurus dan terlibat di dalamnya.


Ade Utami Ibnu termasuk dalam keluarga besar kulturan Nahdlatul Ulama yang dikenal sebagai salah satu penjaga Pancasila sampai dengan saat ini. Beliau adalah santri Pondok Pesantren Atthohiriyah, Kaloran, Serang, Banten.


Ade Utami Ibnu seorang anggota dewan yang juga menjadi pengurus organisasi NU di kecamatanya. Beliau juga aktif sebagai ketua masjid, khotib, juga imam shalat di Masjid Nurul Iman di lingkungan tempat tinggalnya yang berlokasi di Pengajaran, Teluk Betung Utara, Bandar Lampung.


Ade Utami Ibnu, sosok yang dekat dengan para kiyai, ustadz, dan juga para ulama. Insya Allah jika sosoknya religious, soleh, maka setia juga dengan sang istri dan mampu menjadi imam yang baik untuk keluarganya.

Keromantisan Ade Utami Ibnu bersama sang istri juga sering terlihat, sang istri yang sering mendampingi Ade Utami Ibnu saat bertugas atau Ade Utami Ibnu yang sering mengajak istri untuk mendampinginya, keduanya terlihat sangat mesra, dan sering berpegangan tangan bergandengan bersama. Insya Allah kita doakan keluarga beliau menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah, warahmah.


Kereligiusan Ade Utami Ibnu, juga telihat dengan konsennya beliau terkait sertifikasi halal terhadap sebuah produk. Ade Utami Ibnu menunjukkan dukungannya terhadap sertifikasi halal produk dan komitmen untuk membantu UMKM memperoleh sertifikasi halal dari BPJPH (Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal) Kementerian Agama RI.

Terlihat pada hari, Senin (5/6/2023) ditengah jadwal Reses DPRD Provinsi Lampung, Ade Utami Ibnu bersilaturahmi dengan Kepala Kantor Kemenag Kota Bandar Lampung guna memperkuat kerjasama dalam mendukung program Kemenag yang menawarkan 1 juta kuota sertifikasi halal gratis.

Dalam pertemuan tersebut, Ade Utami Ibnu menyampaikan pentingnya sertifikasi halal bagi UMKM sebagai langkah strategi untuk meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk mereka. Dengan memiliki sertifikasi halal, UMKM dapat menjangkau pasar yang lebih luas, baik di dalam maupun luar negeri, sekaligus memberikan jaminan kehalalan kepada konsumen.


Ade Utami Ibnu mengapresiasi program Kemenag yang memberikan 1 juta kuota sertifikasi halal gratis kepada pelaku UMKM. Ia berkomitmen untuk berpartisipasi aktif dalam membantu UMKM di Kota Bandar Lampung dalam mengakses dan memanfaatkan program ini sebaik mungkin. Ade Utami memandang bahwa kesempatan ini merupakan langkah strategis untuk meningkatkan daya saing produk UMKM dan mendukung pertumbuhan ekonomi daerah.

“Sertifikasi halal bukan hanya tentang kebutuhan keagamaan, tetapi juga merupakan faktor penting dalam persaingan pasar. Dengan sertifikasi halal, UMKM dapat memperluas pangsa pasar dan memperoleh kepercayaan konsumen,” ujar Ade Utami Ibnu.

Ade Utami Ibnu juga diamanahkan tiga periode sebagai ketua umum AKUATIK Indonesia yang dulu bernama Persatuan Renang Indonesia.

Memiliki jiwa yang sehat, untuk mendapati raga yang sehat, Ade Utami Ibnu juga rajin berolahraga lari tiga kali dalam seminggu. Dengan jiwa raga yang sehat, maka bekerjapun akan bisa dilakukan dengan maksimal.


Ade Utami Ibnu juga pernah menduduki jabatan sebagai ketua umum DPW BKPRMI Provinsi Lampung, yang sekarang berubah status menjadi Pembina Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Provinsi Lampung.


Itulah sekilas, mengenal sosok profil Ade Utami Ibnu, seorang pria sederhana dan religius yang kini menjadi salah satu tokoh pemuda inspiratif Lampung.

Pertemuan singkat mengajariku banyak hal, dari pesan, kesan, nasehat yang disampaikan oleh beliau Ade Utami Ibnu seorang pria sederhana dan religius.

Tidak ada komentar: