Assalamu'alaykum wr wb sahabat semua..

Assalamu'alaykum wr wb sahabat semua..

Kamis, 22 Juni 2023

QNA MDH COMMUNITY


Assalamu’alaykum Makgaes gimana kabar hari ini? Semoga senantiasa dalam kebaikan dan keberkahan dimanapun berada. Berkah usianya, berkah keluarganya, berkah bisnisnya, dan berkah untuk kehidupannya.

Kali ini mimin mau berbagi info seputar QNA yang sering banget Makgaes tanyakan ke para admin tentang MDH Community. Simak dan baca dulu dengan detail yah..

Q : Min MDH Community itu apa sih?
A : MDH adalah singkatan dari (Memimpin Dari Hati). Sebuah komunitas Makgaes di Bandar Lampung. (Komunitas Muslimah) yang fokus untuk perbaikan dan pengembangan usahanya.

Q : Sejak kapan MDH Community ini berdiri?
A : Sejak 07 Agustus 2020

Dokumentasi Kelas MDH Community Angkatan Ke-1

Q : Apa yang melatarbelakangi terbentuknya MDH Community ini min?
A : MDH Community ini dibuat berawal dari sebuah kegelisahan Ummu Aqila (owner kembar kedaton) sebagai owner yang baru merintis usaha sewing production berbenturan dengan menghadapi masalah-masalah dengan karyawan yang semakin banyak bukan semakin enak malah nambah bikin pusing. Berawal dari iseng curhat ala emak-emak ke Mbak Dian Dwi Agustin (Owner Sambel Alu dan Rokez Roti Keset). dan Mbk Dian merespon dengan baik, beliau berkata yasudah ajak kawan-kawan yang lainnya kalau mau belajar dan gak nyangka ternyata antusiasnya banyak yang mau ikutan belajar dengan Mb Dian.

Tim Panitia MDH Community

Dan sekarang kami (Ummu Aqila dan Mbak Dian) membuat kelas ini dengan tujuan membantu perempuan-perempuan hebat yang sedang merintis usaha berharap usahanya lebih berkembang. Membantu UKM dan usaha rintisan untuk maju bersama, meningkatkan ilmu bisnis, sharing-sharing dan kolaborasi. Awalnya hanya berdua tapi hingga saat ini Alhamdulillah sudah ada tim panitia sendiri sekitar 30 orang yang bantu mempersiapkan kelas-kelas yang berlangsung.

Q : Siapa Pembina MDH Community ini?
A : Pembina sekaligus mentor dari MDH Community ini adalah Mbk Dian Dwi Agustin seorang owner dari Sambel Alu yang sudah memiliki 4 cabang dan Rokez Roti Keset dengan 2 cabangnya. Sebelum sukses dengan 2 brand bisnis hari ini, Mbk Dian sudah melewati puluhan bisnis lainnya yang berakhir tutup, sehingga sudah banyak pengalaman nyata bisnis yang beliau pelajari hingga mencapai kesuksessan hari ini.


Dian Dwi Agstin

Q : Apa visi dan misi dari MDH Community itu sendiri?
A : Sebagai wadah untuk belajar bisnis dan upgrade diri secara pribadi, tempat sharing dan silaturahmi mengembangkan jaringan dari MDH ke MDH. Membuat kekurangan menjadi kelebihan, mengubah mindset pedagang menjadi pembisnis, belajar 4 pilar bisnis sebagai fundamental berdirinya bisnis, belajar teknis dan strategi bisnis, insya Allah menguatkan diri, menguatkan keluarga, menguatkan bangsa dan agama untuk menjadi kendaraan menuju jannahNya.

Q : Apa syarat anggota baru yang ingin bergabung ke MDH Community?
A : Persyaratan wajib diantaranya adalah :
1. Perempuan Muslimah
2. Punya Bisnis/Memulai Bisnis
3. Komitmen dan Konsisten Belajar
4. Wajib Menghadiri 3 Kelas
5. Wajib Mengerjakan PR
6. Siap di Kick Out Jika Tidak Lulus

Q : Berapa anggota MDH Community sekarang?
A : Dari 500-an lebih anggota baru yang mendaftar dan yang lolos sampai tahap akhir hari ini yang telah menjadi keluarga besar /anggota MDH Community ada 242 orang.

Q : Bagaimana untuk bisa lulus dan bergabung ke anggota besar MDH Community?
A : Syarat utama untuk lulus menjadi keluarga besar MDH Community adalah wajib menghadiri 3 kelas dan siap mengerjakan tugas dan PR yang diberikan setelah kelas selesai. Komitmen dan keseriusan yang diharapkan.

Q : MDH Community ada di kota mana saja?
A : Untuk saat ini MDH Community berfokus di Bandar Lampung, sebelumnya ada cabang di Metro namun masih vakum. Untuk pusat pembelajaran masih di Bandar Lampung. Walau demikian teman-teman yang tergabung di MDH Community ada juga yang berasal dari luar Bandar Lampung, seperti Natar, Pesawaran, Tulang Bawang, dan lain sebagainya.

Q : Kegiatanya apa saja yang dilakukan di MDH Community ini?
A : Belajar, sharing, jualan di grup, konsul, mengupgrade bisnis.


Q : Pelatihan apa saja yang akan dilakukan di MDH Community?
A : Untuk kelas yang wajib diikuti oleh calon peserta MDH Community ada 3 kelas yakni kelas Buka Langsung Laris, Kelas SDM, Kelas Keuangan yang di isi langsung oleh Mb Dian Dwi Agustin. Selebihnya akan ada kelas tambahan yang biasanya mendatangkan pembicara dari luar seperti kelas pelatihan tiktok, kelas pola hidup sehat, dan kelas-kelas lainnya yang tidak wajib diikuti tetapi dianjurkan.

Q : Apakah anggota yang mau bergabung ke MDH Community ini harus bayar?
A : Sejatinya ilmu yang di share langsung oleh Mb Dian Dwi Agustin adalah free tidak berbayar, akan tetapi jika ada kelas yang berlangsung peserta terdapat kontribusi untuk snack, makan siang, sewa tempat, fotocopy materi, dan lain sebagainya. Akan tetapi pada intinya ilmu yang diberikan oleh Mb Dian free 100%. Hanya saja jika kelas itu mendatangkan pembicara dari luar maka ada kontribusi sendiri untuk pembicara/pematerinya.

Q : Sudah ada berapa angkatan sejak komunitas ini berlangsung?
A : Per tanggal 4 Juni 2023 MDH Community sudah meluluskan 4 angkatan dan dalam waktu terdekat akan membuka angkatannya yang ke 5.

Dokumentasi MDH Community Angkatan Ke-4 Kelas Finance

Q : Dimana lokasi saat kelas dilakukan?
A : Untuk lokasi bertempat di Bandar Lampung. untuk kelas wajib sering dilaksanakn di Aula DPW PKS Lampung di Jalan Untung Suropati samping Kantor Pengadilan Agama. Untuk kelas tambahan sering diadakan di hotel atau tempat lainnya.

Q : Apakah setiap kelas bisa diikuti oleh siapapun?
A : Kelas hanya bisa diikuti oleh peserta yang mendaftar dan hadir di kelas pertama saja.

Q : Apabila berhalangan hadir di kelas bolehkah mengirim utusan keluarga/teman bisnis untuk hadir?
A : TIDAK Diperbolehkan! karena kelas hanya wajib dihadiri oleh orang yang sama selama 3 kelas wajib berlangsung.

Q : Siapa saja sponsor yang ada di MDH Community?
A : Semua member bisa menjadi sponsor di setiap kelas MDH Community.




Q : Bagaimana susana belajar di kelas?
A : Sangat menyenangkan, bebas, senyamannya. Boleh membawa anak karena ada spot khusus untuk anak bermain. Boleh duduk di kursi maupun mengampar dilantai. Kelas MDH Community didesain senyaman mungkin untuk para emak belajar tanpa terganggu dengan hal-hal tertentu.

Q : Apakah MDH Community ini ada hubungan dengan partai politik tertentu?
A : TIDAK, komunitas ini tidak ada hubungan dan kepentingan dengan partai politik manapun.

Q : Jika ingin bergabung kemana saya harus menghubungi?
A : Bisa pantau sosial media MDH Community di instagram @mdh.community

Q : Kapan pembukaan anggota baru di MDH Community ini?
A : Untuk angkatan ke-5 akan dibuka pendaftarannya di tanggal 26 Juni 2023, hanya satu hari saja. Mengingat yang ingin mendaftar di MDH Community ratusan orang, maka diprioritaskan untuk yang transfer = mendaftar di tanggal 26 Juni 2023 dengan kuota 200 orang. Bagi yang mentransfer sebelum atau sesudah tanggal pendaftaran yang tertera maka tidak diterima. 
*Note Pendaftaran MDH Community sebenarnya tidak dipungut biaya sama sekali, akan tetapi Registrasi yang dilakukan adalah untuk pendaftaran kelas ke-1 untuk konsumsi dan sebagainya. Jadi untuk Kelas pertama nanti teman-teman yang sudah mendaftar dan mentransfer keikutsertaan menjadi calon anggota tidak perlu membayar lagi.


Q : Apakah ada testimoni para alumni setelah mengikuti kelas yang diadakan oleh MDH Community ?
A : Ini adalah testimony perwakilan peserta kelas yang telah mengikuti kelas yang diadakan oleh MDH Community.

Gustin (Roti Athifa) : 
Setelah ikut MDH Community usaha saya semakin maju, dengan detail saya terapkan apa yang saya pelajari Alhamdulillah banyak kemajuan yang besar dimulai dengan perbaikan yang kecil dulu.

Maryati (Marwah Jaya) :
Alhamdulillah setelah gabung di MDH Community usaha saya ada progress walau sedikit demi sedikit, sistem sudah mulai berjalan, bisnis sudah mulai teratur, sudah mulai perapihan administrasi keuangan.

Mustika Kiki (Kirana Travel) :
Semenjak bergabung di MDH Community Penjualan saya jadi lebih lancar, terjual ratusan produk, dan dari kelas jadi ketauan kesalahan selama ini, karyawan susah diatur, untung tapi uangnya gak ada. Sekarang lagi fokus ke bangun sistemnya.

Nunung (Mie Ayam Kang Boy) :
Semenjak bergabung di MDH Community banyak hal yang didapat dari MDH ini yang tidak didapatkan dari komunitas lainnya. Tidak hanya bisnis akan tetapi kekeluargaan didalamnya. Saya sangat berterimakasih dengan Mb Dian Dwi Agustin.


Tidak ada komentar: